Senin, 30 Mei 2011

saya senang sekali mengantar. rasanya kaya berbagi kebahagiaan. saya tau betapa malasnya mengangkot atau mencari kendaraan umum saat harus pergi atau pulang dari suatu acara maupun kegiatan. apabila saya bisa, saya biasanya senang ditebengi. saya selalu suka pembicaraan di kendaraan yang dimulai dari basa-basi dan sering berakhir dengan curcol (curhat colongan) baik dari saya maupun dari pihak penebeng.

kalo saya naik motor, biasanya saya ga mempermasalahkan jarak antara penebeng dan rumah saya. apakah rumah saya dan si penebeng dan tujuan itu searah. kalopun saya harus jalan memutar, saya asik-asik aja. soalnya isi bensin fulltank juga ga bikin kantong jebol, jadi saya selo. ya tapi kalo naik mobil saya pikir-pikir juga sih. mahal cin. hehe
selama saya nebengin orang, saya menggolongkan beberapa jenis penebeng, semisal...

1. penebeng ngga tau diri
ini adalah contoh penebeng yang agak kurang ajar. biasanya dia tau saya pasti ngga akan menolak (kecuali saya lagi buru-buru atau ada urusan penting) kalo diminta tolong jemput maupun nebeng pulang. padahal misalnya kos saya di gejayan terus rumah dia di daerah jalan kaliurang km. 13. ng... saya emang selo sih... tapi selo apa goblok ya?

2. penebeng ngga enakan
ini adalah penebeng yang cukup lucu. kalo lagi nebeng mukanya ga enak kaya lagi nahan pup. kalo ditanya, "kenapa e mukamu kok gitu?" pasti dijawab, "engga, aku ga enak e... ngerepotin kamu..." lah kalo ngga enak ngerepotin ngapain nebeng mbak/mas?

3. penebeng asik
penebeng tipe ini adalah penebeng paling asik. biasanya saya sebagai pengantar malah berharap rumahnya di solo sekalian biar saya bisa lama lama di kendaraan bareng dia. soalnya dia suka ngebanyol dan komentar aneh-aneh biar saya ngga capek dan berasa keberatan ditebengin terus. asik sekali, menebengi penebeng jenis ini bikin saya ketawa terus di kendaraan. jadi ngga berasa deh nyetirnya tau-tau udah sampe. (tapi menebengi penebeng jenis ini sungguh berbahaya. karena syaraf dan otot tangan saya selalu lemas kalo saya lagi ketawa. saya berkali-kali nyaris nabrak karena ngga kuat ngebelokin setir)

4. penebeng curhat
nah ini. ini. ya ampun. dari duduk sampe tiba di depan rumah/kos nya yang diomongin ya masalah hidupnya. dari kosan, terus cowok/ceweknya, kuliah, sampe anjingnya pun bisa dii curhatin. si bleki ga mau kawin lah, ibu kos ngajak pengajian lah, pacarnya gandengan tangan sama cowok lah. apa lah. biasanya sih mereka curhat karena kepancing sama pertanyaan saya. dan kadang-kadang saya suka nyesel udah nanya. hiks.

5. penebeng 1-1
penebeng jenis ini paling asoy nih. apalagi kalo saya lagi kere. soalnya dia suka ikut saweran beli bensin atau tiba-tiba traktir makan. katanya, "kan elo suka nebengen gueeee..." mantap lah gan.

6. penebeng asu
nah ini. selama perjalanan diem.... aja di jalan. kalo diajak ngomong jawab seperlunya aja.
EH SU. EMANG GUE SUPIR LOHH??

7. penebeng selo
tolong berhati-hati untuk para pemberi tebengan yang sekiranya ditebengi penebeng jenis ini. makhluk hidup yang satu ini memiliki waktu luang yang sangat banyak dan CSS alias cenderung selo sekali. kalimat lumrah yang pasti diucapkan adalah, "eh, makan dulu yuk!" atau, "eh, lo ga mau kemana-mana kan? nonton aja yuk?" dan sebagainya sebagainya yang berakhir di restoran, cofee shop, mall, dan tempat lain yang so pasti bukan rumah/kosnya.

8. penebeng sibuk
ini biasanya terjadi kalo doi nebeng pas pergi. biasanya penebeng ga sempet dandan, dan berakhir pada dikuasainya kaca spion tengah gue sebagai kaca make up nya. dan gw selayaknya sopir yang baik cuma mesam-mesem sambil nyupir. nasip...

9. penebeng sekalian dehh...
kalo ini sih jelas lah ya, penebeng yang ngga sengaja aja nebeng, karena searah atau emang mau ke satu tempat barengan dan kebagian ikut mobil/motor eke...

10. penebeng 'mati aja lo!!'
penebeng satu ini saya harap dia segera dipanggil ke Rahmatullah. karena hobinya bikin kotor mobil. suka nyalain ac belakang sampe level 3, suka makan terus meper atau minimal remah-remahnya jatoh-jatohan, dan yang paling bangke adalah kalo saya lagi asik mendengarkan lagu, eh di next dengan merdekanya oleh doi. asu lah cuk. mati wae koeeee!!!!

11. penebeng "aku padamu selalu"
penebeng setia. dari awal kuliah, maen, makan, sampe nyampah, ya sama saya. aku padamu banget lah pe, katanya.

12. penebeng kritikus
jenis penebeng bangke lainnya. udah nebeng, ngritik lagi! bapak saya aja seloooo, eh doski komplen sana komplen sini. saya mahasiswa mbak/mas. bukan costumer service. kalo mau komplen, silahkan tekan angka 0 (nol) setelah pesan berikut layawww.

14. penebeng tidur.
asu. BANGUN CUK!!!!! mbok kancani aku lagi nyetir!!! fak lah.

15. penebeng tau diri
yah lumayan nih kalo sama dia. soalnya dari awal sampe tujuan biasanya dia yang nyetir. lumayaaann.. mbak'e tinggal ongkang-ongkang kaki. (sebenernya yang nebeng tu siapa tooo??). penebeng jenis ini biasanya ngga punya kendaraan pribadi, tapi bisa nyetir. jadi yaa... ngga ngerepotin-ngerepotin banget dah.

16. penebeng 'cah donlot'
biasanya doi komplain dan merasa kalo pilihan lagu yang saya sediakan di FD maupun CD saya terlalu mainstream dan ga gaulllll. jadi dia dengan SUKARELA (ngga ditawarin je) mencolokkan FDnya yang berisikan lagu-lagu hip terbaru yang, mboh-sopo-kui. tapi bagusnya penebeng jenis ini, kalo lagunya beneran enak, ya saya tinggal ngopi. dan ikutan jadi cah hipster deh!


gambar two door cinema club. salah satu contoh band hip yang lagi digandrungi cah cah hipster.
(gambar dari google, kalo gelambir dari perut dan paha saya.)


kalian pernah menebeng? tipe penebeng manakah kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar