Senin, 30 Mei 2011

saya memang bukan orang yang sudah sehebat Trinity dalam hal ber-travelling. saya baru tiga kali pergi keluar indonesia dengan teman dan bukan dengan keluarga, dan ketiga-tiganya dengan jenis teman yang berbeda pula. tiga perjalanan pendek tersebut ternyata sama menariknya dengan KKN (menurut saya). saya dituntut untuk hidup dalam tempat yang tidak saya ketahui dengan orang-orang 'luar' dan untuk mencapai 'goal-goal' saya sendiri.

nah, dari hasil travelling ecek-ecek saya kemarin, berikut saya kasih tips-tips kalo-kalo kamu berniat untuk travelling. apalagi kalo kamu adalah medium-budget sampai low-budger traveller.

1. carilah informasi mengenai negara yang dituju. google itu lengkap banget kok. mau cari apa bisa. mau kesini naik apa, jelas. bahkan, untuk daerah yang ngga jelas macem labuan (Malaysia) ada google map. jadi kamu bisa liat dan kemudian print lokasi yang dituju dan mengukur-ukur naik apa ya yang paling tepat ke lokasi tersebut.

2. jangan ketipu sama gambar di google. asli. jangan. saya udah berkali-kali ketipu sama gambar di internet. sebagus-bagusnya, seindah-indahnya gambar yang kamu liat di internet, TOLONG! tolong rendahkan ekspektasi kalian. biar begitu kalian sampai di negara yang dituju, dan ngga sebagus yang digambarkan di internet, kalian ngga akan jadi bad mood, drop, kecewa, dan bete. males banget kan kalo mood jalan hilang karena lokasi yang dituju tidak sesuai dengan harapan?

3. untuk yang ngga ikut tour dan berpergian dengan bajet menimal, tolong latihan jalan kaki paling ngga seminggu sebelum kepergian. asal tau aja, untuk mencapai tempat yang dituju tidak selalu mulus sebagaimana harapan. buat apa ada kata nyasar di KBBI kalo ngga ada di kenyataan. resiko kempol membludak, kaki mau copot, kapalan di kaki, engsel dan lutut membiru, lecet, itu hal biasa. kalo saya, biasanya apabila saya akan travelling saya usahakan untuk jalan kaki kemana-mana. kalo saya lagi di jogja biasanya saya jalan kaki dari rumah terus muter-muter ngga jelas. bisa juga jalankaki dari rumah ke kampus (gembira loka ke jakal). kalo di pamulang ya jalan kaki, dari estate same giant pamulang. sampe capek sampe gempor. kalo ngga bisa tiap hari ya paling ngga 3 hari sekali lah. biar pas hari H kamu ngga KO di hari pertama. inget ya, kalo kalian pergi travelling berjamaah, mengeluh itu amat sangat mengganggu! kasian kan temen kamu kalo kamu sebentar-bentar teriak kecapekan, kepanasan, kehausan? kalo jalan kaki di mall sih bisa bisa aja temen kamu sabar, soalnya dingin, tapi kalo di kondisi semua orang lelah dan panas, biasanya emosi lebih sulit dikontrol. jadi, dari pada nanti kamu nyusahin dan bikin kesel orang, mendingan kalian latian dulu dari sekarang.

4. usahakan untuk pergi ke negara yang bisa berbahasa melayu sebelum pergi ke negara yang susah. ya hongkong dan thailand itu itungannya sudah susah, apalagi kalo udah masuk macau atau cina kesananya lagi. soalnya kalo kamu kurang jago ngomong bahasa inggris mereka ngga bisa pake bahasa melayu, jadi ya.. kudu belajar lah dikit2. bawa alfalink aja kalo kepepet.

5. kalo bawa tas jalan, ngga usah semua-mua dibawa. segala apa bawa ini bawa itu. saya paling benci nenteng tas berat. terus terang, saya sudah meminimalisir semua yang saya bawa di tas. misalnya, saya cuma bawa tisu kecil, kamera, uang & paspor (yang ngga ditaro di dompet karena berat), saus sambal saset dan better. saya selalu pake topi (karena saya ogah bawa payung, karena berat), dan saya cenderung untuk menenteng air mineral. satu hal yang perlu ditekankan kalo pergi traveling sama saya. saya memang sengaja mengosongkan tas saya agar dapat meminimalisir energi saat saya harus mondar-mandir berjalan kaki, jadi, tolong jangan titip barang kamu ke tas saya (meskipun saya terima karena ngga enak), karena merasa, "eh, tas kamu kosong ya pe? aku titip ya!". lah! untuk bawa barang pribadi saya saja saya ogah, masa saya kudu bawain barang kamu? kalo kamu merasa perlu untuk membawa semua barang itu, ya, bawalah sendiri. jadi saran saya, pilihlah barang-barang yang sekiranya memang akan dipakai dan memang sangat krusial.

6. belilah tiket jauh sebelum hari keberangkatan. apalagi low budget airlines sekarang memang menjadwalkan keberangkatan sekitar 6 bulan-1 tahun setelah tanggal pembelian. nah, biasanya, saya selalu memiliki 'tekanan' karena tiket sudah ditangan. jadi mau ngga mau mesti ngumpulin uang untuk perjalanan nanti. biasanya, orang ngga jadi-jadi berangkat karena sayang harus mengeluarkan uang brek! dalam jumlah besar sekaligus. jadi saran saya, keluarkanlah uangnya sedikit-sedikit. biar ngga terlalu sayang dan terlalu kerasa. misalnya bulan ini buat beli tiketnya. nah nanti kumpulin uang lagi, terus bayar hostelnya, terus baru deh kumpulin uang untuk makan dan transport disana. apabila tiket pesawat dan voucher hotel sudah ditangan, niscaya kamu bakal berangkat deh! soalnya, sayang banget kan bakar-bakar uang berjuta-juta karena ngga jadi berangkat?

7. menabunglah dalam bentuk deposito (kalo kamu tipe orang yang bener-bener ngga bisa punya uang dikit bawaannya langsung dipake.) soalnya kalo kamu ikut deposito di bank, dia akan auto debet dari tabungan kamu, jadi mau ga mau kamu dipaksa mengumpulkan uang untuk biaya liburan kamu besok, atau tukarkanlah uang kamu ke dalam mata uang lain. kalo saya, saya biasanya menabung dengan cara menukar rupiah-rupiah saya ke dalam bentuk poundsterling ataupun dollar. tapi melihat harga dollar yang ngga stabil, saya saranin untuk menuker uang kamu ke pound atau ke euro.atau kalo kamu cuma mau ke singapur mending tuker aja langsungk e SGD, soalnya ratenya stabil banget. dari taun lalu ya kisarannya 6.800-7.000 aja. nah, kalo uangnya udah bukan dalam bentuk rupiah, otomatis ngga bisa dipake kan? jadi ya biasanya kalo udah ga punya rupiah saya puasa deh. rekor saya adalah puasa sebulan penuh karena uangnya saya tuker semua ke USD di tanggal 1!

8. jangan pake sendal jepit! apalagi kalo kamu jalan kaki kemana-mana. pertama, bakalan lacet. kedua, bakalan item banget tu kaki. ketiga, ngga nyaman. keempat, resiko putus besar sekali (jangankan sendal jepit, saya kemaren pake sepatu yang bisa dibilang baru -baru satu kali pake, dan itupun cuma di dalem mall- terus saya pake 2 minggu untuk jalan kaki trek jauh setiap hari. hasilnya, itu sepatu baru saya sukses jebol di hari ketiga). alasan lain adalah, kamu bakalan keinjek-injek kalo pas naik MRT desek-desekan atau berburu sale di mall. selain itu untuk gaya dan prestis juga sih. ya mending kalo sendal jepit kamu mereknya havaianas, lah kalo udah swallow, masuk ION terus belanja? resiko buat dilayani dengan ramah biasanya sih kecil. bisa-bisa malah kamu disinisin.

9.kirim iternerary tiket ke dua email. begitupun dengan pdf voucher hotel. soalnya, berabe kalo sampe ilang! saya pernah tuh kaya gitu. untung udah sempet di download sekali. emang sih bisa diurus lagi, tapi daripada repot mending berhati-hati deh!

10. saya biasanya ngga membawa bb atau hp bagus kalo lagi jalan-jalan. malah biasanya saya ngga bawa hp. kalo saya bawa hp pas lagi traveling itu tandanya saya punya pacar. soalnya ada yang mesti dikabarin tiap harinya. tapi kalo ngga bawa, berarti saya ngga punya pacar. saya biasanya cuma bawa i-touch aja. karena yang saya butuhin adalah pemutar musik. dan palingan kalo ada wifi baru saya bisa cek email, atau buka fb dan twitter. soal upload foto, atau update status, saya rasa bisa menunggu lah. toh setiap hari selama di rumah saya udah FB-an dan twitteran. kenapa saya ngga bisa menahan selama 2minggu atau sebulan? biasanya kalo kita ngga ada kabar, cerita kita malah lebih ditunggu. tapi itu ngga berlaku sama saya, karena saya cenderung lupa sama apa-apa yang udah saya alami. buat saya, semakin banyak bawa alat elektronik, tas saya semakin berat, saya ngga bisa melenggang bebas pas lagi jalan soalnya takut kecopetan. jadi mendingan saya tinggal aja di jakarta.

11. bawa obat! asli ngga enak banget deh kalo sakit di negri orang. rasanya tuh nyiksa banget. males kan kalo biasa beli panadol satu slot 6 ribu disana jadi 6 dolar? idih... mendingan ditahan deh sakitnya daripada ngga bisa makan. kemare saya akhirnya minum antimo aja deh gara-gara harga obat sakit kepala 9 dolar. (pret!)

12. kalo kamu mau semerki saya, saya punya tips hahaha. jadi, untuk menghemat, saya biasanya beli better 10 pak dari jakarta. nanti disana saya ngga beli makan. tiap capek atau laper saya makan aja better saya sebungkus (sebungkus lo bukan sepak). terus minum aja deh yang banyak. kan kembung tuh. udah deh, saya ngga usah keluar duit buat makan. lumayan kan? hahaha. nanti air minum nya refill aja, asoy lah gan.

sebenernya masih banyak sih, tapi saya mendadak ngga mood ngetik. jadi udah dulu ya. daaaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar