Senin, 20 Juni 2011

We. People

gue baru aja selesai nonton Amazing Race Asia 4. dan sebel banget rasanya ngeliat si Natsha di tantangan terakhir, Kalo emang bokapnya ngga mau, kenapa bukan dia aja coba? Gue rasa kalo dia marah dan nangis nyalahin bokapnya itu ngga adil banget, secara dia juga ngga mau kan ngelakuin tantangan itu?

image from here

Kalo gue lihat secara garis besar, gue sebagai sesama orang Indonesia merasa malu. Soalnya, udah jadi kebiasaan orang Indo banget gitu untuk melakukan hal-hal dibawah ini, misalnya:

1. Males
gila. siapa yang ngga tau kalo orang yang mempunyai darah melayu itu punya sifat malas yang luar biasa besarnya? Dibandingkan dengan ras lain, gue rasa ras Melayu lah yang paling males. Gue ngga ngomong orang Indo secara spesifik ya, tapi lebih ke orang Melayu secara general. di Asia sendiri ada beberapa negara yang perawakannya mirip dengan orang Indo (ngga usah disebutin kali ye negara mana aja). Gila, orang Melayu itu, maunya hidup gampang, hidup enak, tanpa harus bersusah payah. Ya emang ngga semuanya sih, tapi ya banyak dari mereka yang kaya gitu. Gue sebagai orang melayu (juga) mengakui bahwa terkadang gue juga melakukan hal seperti itu.

2. Suka Menyalahkan
LEmpar batu sembunyi tangan. Pepatah mana lagi coba kalo bukan dari Indo? Dikit banget dari orang kita yag mau berlapang dada untuk mengakui kesalahannya. Semuanya takut untuk menanggung hukuman yang akan diberikan kalo ketauan melakukan sebuah kesalahan. Jadi ya, daripada kena getahnya mendingan juga nyalahin orang lain. Terserah deh gimana nasib tu orang, yang penting gue dulu deh. Haduh. Kapan mau maju kalo gitu.

3. Boros
Hobi foya-foya. Ih, Indonesia banget gitu loh. Gila sampe pedagang di Hongkong aja bisa bahasa Indonesia men. Apalagi alesannya kalo bukan orang Indonesia yang hobi belanja dan buang-buang duit? Pokonya, nyarinya males, tapi ngebuangnya hobi. Soal bisa makan ga bisa makan, ntar dulu deh, yang penting abisin dulu duit yang dipunya buat seneng-seneng. Malahan juga, ada beberapa orang yang sampe ngutang cuma buat memenuhi hasrat mereka buat hura-hura. Ckckckckck.

4. Hobi Ribut
Entah kenapa, tapi orang Indonesia tuh hobi banget ribut menurut gue. Ampe kemaren, gue liat di berita anak SD aja tawuran. Bayangin coba! anak SD! Kalo dari bocah aja yang jadi bekel buat menuntu ilmu itu celurit sama parang sama golok, gimana pas SMP? Bawa pistol kali. Sma bawa bom, Kuliah bawa nuklir. Lulus kuliah tinggal nama deh. Orang Indo tuh cenderung ga suka dengan apa aja yang ngga sesuai dengan keinginan mereka. Lupa kali ye kalo Indonesia itu memiliki penduduk terbanyak ke3 di dunia. Dikata ga pengeng kali kuping kudu dengerin permintaan semua orang. Mungkin emosi orang Indo lebih cepet tersulut karena di sini panas banget kali ya? Namanya juga negara yang berada di garis katulistiwa. Boro boro deh bsa ngerasain salju. Saban ujan aja kadang-kadang sambil panas terik, Maka dari itu, karena udara yang panas bikin orang jadi cepet emosi (kayanya).

5. Hobi nuntut
Pokonya, gue mau begini! Mboh piye carane! Begitu tuh kira-kira orang Indo. Semua mua mau, semua-mua minta, semua mua pengen. Pokonya nuntuk hak dulu! Kewajiban sih insya allah deh kalo Tuhan mengijinkan. Tapi seringnya sih Tuhan udah mengijinkan, tapi lagi-lagi disabotase sama manusianya itu sendiri. Capek deh.

6. Sombong dan suka pamer
Kayanya dari jiwa tiap orang tuh ada rasa kurang gitu. Kurang merasa diakui.. kurang merasa dapet perhatian... sehingga mereka cenderung untuk membangga-banggakan apa yang mereka punya. Dan sering banget menceritakan apa yang mereka miliki, atau achivement-achievment apa yang sudah mereka dapet. Emangnye, gue mau taoo??? Gak penting kali aahhhhh...

Yah gitu lah. Gue sebagai warga negara Indo juga mempunya sifat2 yang gue sebutkan di atas (pastinya). Apalagi soal yang males, ih gue juaranya deh pokonya. Tapi ya, yag namanya manusia, ga luput dari kesalahan. ga kan cyiiiinnn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar